Tips Cara Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja Online

    HomeTips & Trik Tips Cara Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja Online
Tips Cara Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja Online

Tips Cara Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja Online

admin

Perkembangan teknologi dan informasi atau IT yang semakin pesat kemajuannya terutama di Indonesia, juga turut ikut mengubah beberapa gaya hidup bagi sebagian orang, terutama dalam hal belanja. Jika dahulu belanja adalah identik dengan melakukan transaksi jual beli di mall, pasar atau di pusat perbelanjaan lainnya, namun kini dengan adanya perkembangan IT yang semakin pesat juga mempengaruhi cara berbelanja, kini sedang hitsnya belanja online. Belanja online ini sangat disukai semua orang karena selain mudah dilakukan juga mampu untuk menghemat waktu, terutama bagi sebagian orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga tak sempat melakukan belanja, sehingga belanja online bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Hanya dengan sekali klik, kini Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan meluangkan waktu untuk datang ke pusat perbelanjaan. karena barang yang Anda beli akan langsung dikirim ke rumah Anda.

Tips Cara Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja Online

Dengan segala kemudahan yang diberikan dalam belanja online sehingga membuat beberapa orang ketagihan dan memiliki sikap impulsif untuk terus berbelanja online meskipun tidak terlalu dibutuhkan. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa ketagihan berbelanja online? Berikut ulasannya untuk Anda.

Selalu Perhatikan Keuangan Anda

Dengan segala kemudahan dari belanja online membuat orang ketagihan dan kalap untuk berbelanja meski terkadang diluar kebutuhan. Hal ini menjadi tidak baik untuk dilakukan karena bisa merusak rencana keuangan dan menghabiskan uang dan tabungan Anda hanya demi barang yang kurang penting. Sehingga meski pada awalnya Anda senang sekali dengan barang yang sudah Anda beli, namun beberapa saat ketika barang tiba di rumah Anda, bisa-bisa Anda merasa menyesal karena barang yang Anda beli tidak terlalu Anda butuhkan, namun uang Anda sudah melayang. Oleh karena itu dalam melakukan belanja online juga perlu adanya rencana dan pertimbangan yang matang sebelum membeli sesuatu.

Rencanakan dan Anggarkan Dana dengan Tepat

Untuk menghindari sifat impulsif dan ketagihan dalam belanja online, maka Anda perlu untuk merencanakan anggaran dana atau keuangan Anda dengan tepat, agar saat Anda berbelanja bisa sesuai kebutuhan dan terhindar dari berbelanja hal yang tidak penting yang akhirnya hanya menghabiskan uang Anda saja.

Baca juga Alasan Mengapa Belanja Online Semakin Banyak Diminati Masyarakat

Buat dan Patuhi Daftar Belanjan yang Anda Buat

Membuat daftar belanja sebelum melakukan belanja online bisa sebagai upaya untuk mencegah Anda untuk membeli barang-barang diluar kebutuhan Anda. Membuat daftar belanjaan sama artinya dengan membuat rencana belanja. Buat dan patuhilah daftar belanja yang telah Anda buat agar Anda fokus membeli barang yang benar-benar sedang Anda butuhkan, sehingga bisa menghemat keuangan Anda. Selain itu juga mampu untuk menghemat waktu Anda, karena Anda hanya tinggal mencari beberapa item barang yang sudah tertulis di daftar belanja Anda tanpa melihat barang-barang lainnya yang mungkin akan membuat Anda tergoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *