Tips Cermat dalam Mengatur Kebutuhan Bulanan

    HomeTips & Trik Tips Cermat dalam Mengatur Kebutuhan Bulanan
Tips Cermat dalam Mengatur Kebutuhan Bulanan

Tips Cermat dalam Mengatur Kebutuhan Bulanan

admin

Jika sekarang Anda Berprofesi sebagai seorang karyawan, secara otomatis setiap bulannya Anda mendapatkan gaji bulanan. Dalam hal ini Anda perlu cermat dalam mengatur gaji bulanan. Namun banyak juga yang merasa kesulitan dalam mengatur gaji bulanan, karena ada banyak kebutuhan bulanan  yang harus dipenuhi, sehingga terkadang masih sampai di pertengahan bulan, gaji bulanan sudah habis jika Anda tidak mampu untuk mengelola gaji bulanan Anda secara bijak. Nah berikut ini akan kami beberapa tips cermat dalam mengatur gaji bulanan Anda.

Tips Cermat dalam Mengatur Kebutuhan Bulanan

Membuat Anggaran Bulanan

Memenuhi kebutuhan bulanan memang perlu untuk dilakukan, namun sebelum itu alangkah lebih baik jika Anda membuat anggaran bulanan agar seluruh kebutuhan Anda bisa terpenuhi, yaitu dengan membagi gaji Anda dalam beberapa bagian. Sendirikan mana uang untuk kebutuhan makan sehari-hari, kebutuhan membayar tagihan seperti listrik, air, internet dan lain sebagainya, sendirikan juga uang untuk membayar tagihan atau cicilan. Jika Anda memiliki sisa gaji sisihkan beberapa untuk memenuhi kebutuhan tersier Anda seperti untuk shopping, traveling dengan teman-teman Anda, dan lain sebagainya.

Segera untuk Membayar Tagihan

Begitu gaji bulanan Anda sudah turun, berbagai kebutuhan bulanan juga sudah menanti di depan mata. Namun sebelum itu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar tagihan-tagihan seperti listrik, air, telepon, cicilan, internet dan lain sebagainya terlebih dahulu, dengan tujuan agar semua tagihan tersebut tidak mengganggu biaya untuk kebutuhan Anda. Sehingga jika tagihan-tagihan sudah dibayar, Anda bisa lebih tenang melakukan pengeluaran bulanan untuk memenuhi kebutuhan penting lainnya.

Sisihkan untuk Tabungan

Meski kebutuhan bulanan Anda begitu banyak, juga pengeluaran bulanan cukup tinggi, namun, mulai sekarang mulailah untuk menyisihkan beberapa untuk tabungan jika bisa lakukan sebelum Anda melakukan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Yang mana hal ini juga bisa menjadi sebuah pencegahan bagi diri Anda untuk mengeluarkan beberapa pengeluaran yang tidak penting.

Buatlah Laporan Keuangan

Jika Anda melakukan belanja, selalu simpan struk belanja yang Anda dapatkan, hal ini bisa membantu Anda untuk menganalisa kemana saja uang Anda digunakan, apakah untuk membeli kebutuhan yang penting atau justru untuk membeli kebutuhan yang kurang penting. Catatlah kebutuhan mana saja yang tidak harus Anda beli di bulan selanjutnya, agar keuangan Anda tetap aman dan terhindar dari banyaknya pengeluaran yang tidak begitu penting.

Baca juga: Berbagai Tips Belanja Cerdas Dalam Membeli Kebutuhan

Memiliki Rekening Bank Lebih dari Satu

Hal ini penting dilakukan untuk memisahkan biaya untuk beberapa kebutuhan primer Anda sehari-hari, dan rekening lainnya bisa Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah target berapa persen dari gaji Anda yang harus Anda tabung. Selain itu selalu simpan struk belanja dan catat pengeluaran apa saja yang sudah Anda lakukan setiap bulannya, hal ini bisa membantu Anda mencermati manakah barang yang menjadi kebutuhan utama Anda atau adakah barang yang tidak penting untuk dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *