Manfaat Sistem Penyiaran Televisi Digital di Era Modern

    HomeUlasan Manfaat Sistem Penyiaran Televisi Digital di Era Modern
Manfaat Sistem Penyiaran Televisi Digital di Era Modern

Manfaat Sistem Penyiaran Televisi Digital di Era Modern

admin

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi membawa banyak perubahan termasuk salah satunya dalam dunia penyiaran televisi. Dimana sekarang ini Indonesia mulai menggunakan televisi digital yang menjadi peralihan dari televisi analog sebelumnya. Dengan sistem penyiaran TV digital inilah menjadikan sistem transmisi digital audio dan video dilakukan melalui proses digital dari yang sebelumnya menggunakan multipleksing. Sinyal yang digunakan pada TV digital ini memang berbeda dibandingkan dengan sinyal yang digunakan pada TV Analog.

Manfaat Sistem Penyiaran Televisi Digital di Era Modern

Sebetulnya penerapan TV digital tidak hanya sekedar mengikuti perkembangan zaman dan teknologi semata namun ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh televisi digital yang lebih menguntungkan. Untuk menambah wawasan anda mengenai TV digital, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat sistem penyiaran menggunakan TV digital yang perlu anda ketahui.

  1. Bagi Konsumen atau Penonton Televisi

    Dengan menggunakan televisi digital, maka anda bisa menikmati siaran televisi yang lebih berkualitas dari sisi gambar. Tentunya gambar yang dihasilkan lebih jernih, tajam, serta tidak muncul semacam semutnya. TV digital juga menyajikan lebih banyak saluran serta dilengkapi dengan sistem peringatan dini terhadap bencana atau bahaya, cuaca serta informasi arus lalu lintas. Hal yang lebih menggembirakan lagi, konsumen atau penonton juga bisa berbelanja dari rumah melalui siaran televisi tersebut.

  2. Penyelenggara Siaran Televisi

    Hadirnya TV digital ini membuat pihak penyiaran tidak perlu lagi dibingungkan dengan penyediaan infrastruktur, misalnya pemancar dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena semua kebutuhan infrastruktur tersebut sudah disediakan pihak penyelenggara multipleks. Para penyelenggara siaran televisi hanya perlu menyewa infrastruktur tersebut dari pihak penyelenggara multipleksing. Tentu saja hal ini akan membuat biaya operasional yang harus dikeluarkan menjadi lebih rendah.

  3. Bagi Industri

    Dengan beralihnya sistem penyiaran dari TV analog ke TV digital menjadikan adanya perkembangan di dunia industri dalam negeri. Sebab perangkat konverter TV digital bisa diproduksi di perusahaan Indonesia.Selain itu, hadirnya TV digital membuat industri kreatif dapat mengembangkan beragam konten untuk dipasarkan. Tak hanya itu, hadirnya TV digital juga mendukung adanya banyak format gambar yang berbeda baik dari segi ukuran maupun rasio.

  4. Bagi Pemerintah

    Hadirnya televisi digital bisa membantu meningkatkan efisiensi dalam penggunaan frekuensi radio yang ada di Indonesia. Dimana penggunaan frekuensi radio tersebut menjadi lebih hemat hingga mencapai 1/3 dari keseluruhan total. Dengan adanya penghematan frekuensi inilah yang akan membantu mendorong terwujudnya infrastruktur komunikasi yang semakin modern seperti broadband 4G yang saat ini sudah banyak digunakan di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Keunggulan Televisi Digital dari Segala Aspek  

Itulah penjelasan mengenai manfaat sistem penyiaran televisi digital di era modern seperti sekarang ini. Dari waktu ke waktu Indonesia berupaya mengikuti perkembangan teknologi agar memberikan banyak manfaat serta memudahkan pekerjaan termasuk pula dalam dunia penyiaran yang kini menggunakan peralatan dan teknologi yang serba canggih agar tidak ketinggalan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *