Cara Cerdas Agar Hemat Penggunaan Paket Data Internet di Smartphone

    Home/Tips & Trik / Cara Cerdas Agar Hemat Penggunaan Paket Data Internet di Smartphone
Cara Cerdas Agar Hemat Penggunaan Paket Data Internet di Smartphone

Cara Cerdas Agar Hemat Penggunaan Paket Data Internet di Smartphone

admin

Internet merupakan salah satu kebutuhan penting di zaman modern seperti sekarang ini . Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa internet kini menjadi kebutuhan pokok yang tak kalah pentingnya dengan kebutuhan makan, sandang dan papan. Hal ini memang benar sebab untuk berkomunikasi, banyak orang yang memanfaatkan internet. Bahkan untuk jual beli pun kini juga menggunakan internet. Tak heran jika kini banyak provider yang menawarkan berbagai paket data internet untuk smaprtphone yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan internet harian.

Cara Cerdas Agar Hemat Penggunaan Paket Data Internet di Smartphone

Namun, tanpa disadari terkadang pasti anda pernah mengalami penggunaan paket data internet yang berlebihan sehingga lebih boros. Hal ini tentu cukup merugikan anda karena anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli lagi paket internet yang telah habis digunakan. Agar lebih hemat dalam menggunakan paket internet sebetulnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Dimana cara-cara tersebut dijamin mudah dipraktikkan dan bisa menjadi solusi agar lebih hemat menggunakan paket internet. Nah, berikut ini akan dijelaskan cara cerdas agar lebih hemat paket internet yang perlu anda ketahui.

  1. Memanfaatkan WiFi

    Meskipun ada sebagian orang yang menganggap bahwa menggunakan WiFi terkesan pelit namun cara ini memang terbukti ampuh dalam membantu anda untuk lebih hemat dalam menggunakan paket data. Ketika anda sedang berada di sebuah lokasi yang menyediakan sinyal Wifi maka sebaiknya segera matikan sambungan paket internet di smartphone anda lalu sambungkan dengan Wifi. Selain itu, anda bisa segera mengaktifkan auto update pada smartphone anda sehingga beberapa aplikasi yang sudah terpasang di smartphone anda bisa diperbaharui secara otomatis. Anda juga bisa memanfaatkan sinyal Wifi tersebut untuk streaming video atau musik sehingga lebih hemat dibandingkan harus menggunakan paket internet pribadi.

  2. Matikanlah Sinkronisasi

    Perlu anda ketahui bahwa kini adanya paket data 4G yang menawarkan streaming dan browsing yang cepat ternyata justru membuat paket internet menjadi lebih cepat habis. Dengan demikian untuk menghemat penggunaan internet dengan sinyal 4G maka silakan anda matikan fitur sinkronisasi dari beberapa aplikasi yang jarang dipakai. Hal ini bisa membantu anda supaya lebih hemat paket internet.

  3. Mengaktifkan Data Saver

    Saat menggunakan smartphone, pasti anda membutuhkan layanan browser. Untuk menghemat penggunaan paket internet maka anda bisa menggunakan aplikasi browser Google Chrome yang terbukti lebih hemat kuota. Bahkan aplikasi ini juga memiliki fitur data saver sehingga membantu anda lebih hemat kuota sebanyak 50 persen.

  4. Mengaktifkan Paket Internet Ketika Dibutuhkan

    Dalam menggunakan paket internet pastinya tidak mungkin akan anda gunakan selama 24 jam penuh tanpa henti. Dengan demikian sebaiknya saat anda tidur silakan matikan paket internet di smartphone anda agar lebih hemat kuota.

Baca juga: Tips Beli Pulsa Secara Online Supaya Lebih Hemat dan Praktis

Itulah tadi penjelasan mengenai cara cerdas untuk hemat paket data yang bisa menambah wawasan anda. Meskipun saat ini berbagai provider berlomba menawarkan paket internet murah, namun anda juga harus bijak menggunakan internet supaya lebih hemat dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *