Masalah yang Sering Terjadi Pada Barang Elektronik Murah

    HomeUlasan Masalah yang Sering Terjadi Pada Barang Elektronik Murah
Masalah yang Sering Terjadi Pada Barang Elektronik Murah

Masalah yang Sering Terjadi Pada Barang Elektronik Murah

admin

Barang elektronik menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dalam sebuah rumah. Dari mulai pesawat televisi, almari es, kipas angin dan sebagainya merupakan alat elektronik yang bisa memberikan berbagai manfaat. Karena banyaknya manfaat dari barang elektronik inilah yang membuat masyarakat ingin memiliki berbagai jenisnya di rumah. Semakin banyak kebutuhan maka harga barang elektronik bisa menjadi semakin mahal apalagi dari merk yang terkenal dan terpercaya. Namun akhir-akhir ini banyak barang elektronik murah yang justru merebut pasar dengan memberikan harga hingga setengah dari harga barang elektronik dari merk ternama.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Barang Elektronik Murah

Elektronik dengan harga lebih terjangkau tersebut bukannya merupakan barang black market atau barang dengan kualitas buruk. Bisa saja sebetulnya barang tersebut adalah barang yang memiliki kualitas baik namun berasal dari merk baru yang belum dikenal oleh masyarakat luas sehingga harga yang dipasarkan masih lebih terjangkau. Namun memang ada juga barang yang dijual murah karena menggunakan bahan yang tak semestinya sehingga memiliki masa pakai yang lebih cepat habis. Berikut ini adalah resiko yang bisa Anda terima jika membeli barang elektronik dengan harga murah dan dari merk yang belum dipercaya.

  • Bahan mudah rusak.

Bahan pelapis luarnya tak akan sekuat barang elektronik dengan harga yang lebih mahal. Bisa saja barang elektronik murah menggunakan bahan material yang mudah rusak seperti terkelupas bagian catnya atau sebagainya sehingga meski masih bisa digunakan namun tak nampak seperti baru di masa awal penggunaannya.

  • Kualitas kurang maksimal.

Misalnya Anda membeli televisi atau radio, maka kualitas yang diberikan akan berbeda dari televisi dan radio dari merk terpercaya. Bisa saja gambar yang dihasilkan kurang cerah atau bahkan buram dan memiliki banyak noise. Untuk lampu, memiliki cahaya yang redup dibandingkan lampu sejenis dari merk yang lebih terpercaya.

Baca juga: Kiat Berburu Perangkat Elektronik dengan Harga Murah dan Kualitas Bagus

  • Masa pakai yang lebih pendek.

Masalah inilah yang sering dihadapi oleh pengguna barang elektronik baru yang hanya memilih berdasarkan harga yang lebih murah saja. Umumnya barang yang menggunakan material lebih murah akan memiliki masa pakai yang lebih pendek dibandingkan barang lain yang menggunakan bahan material lebih mahal. Hal ini bisa terjadi karena pemilihan sumber tenaga seperti aki atau batre yang digunakan lebih buruk atau memiliki kapasitas simpan yang lebih kecil.

Itulah beberapa resiko yang mungkin akan terjadi jika Anda membeli barang elektronik murah yang perlu Anda ketahui untuk lebih bersiap-siap seandainya terjadi dikemudian hari. Harga memang tak selalu menjadi sebuah penentu kualitas, namun tak ada salahnya untuk membeli dengan harga yang lebih mahal dan sudah terbukti kualitasnya untuk barang-barang yang memang bermanfaat untuk jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *