Trik Mengetahui Spesifikasi Real Laptop Murah Bekas

    HomeTips & Trik Trik Mengetahui Spesifikasi Real Laptop Murah Bekas
Trik Mengetahui Spesifikasi Real Laptop Murah Bekas

Trik Mengetahui Spesifikasi Real Laptop Murah Bekas

admin

Ketika membeli sebuah barang dalam kondisi bekas pakai tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terlebih jika barang tersebut dari jenis elektronik seperti laptop yang akan digunakan untuk bekerja atau melakukan aktifitas lainnya. Penting untuk mengetahui spesifikasi real atau spesifikasi sesungguhnya dari komponen pada laptop murah bekas yang akan dibeli. Jika membeli pada toko laptop bekas mungkin akan diberikan brosur yang memuat informasi mengenai spesifikasi laptop tersebut. Namun jika anda membeli langsung dari orang lain, mungkin informasi spesifikasi yang diberikan hanya terbatas bahkan terkadang tidak disampaikan.

Trik Mengetahui Spesifikasi Real Laptop Murah Bekas

Harga dari laptop bekas bukan hanya tergantung kondisi fisik perangkat itu sendiri melainkan juga dari spesifikasi yang dimiliki. Ada beberapa hal penting yang harus anda periksa dengan teliti sebelum memutuskan membayar laptop murah bekas yang ingin dibeli. Beberapa hal penting tersebut diantaranya kapasitas RAM, kapasitas Harddisk, jenis VGA, jenis sistem operasi, kecepatan prosesor, kondisi fisik body laptop, sejumlah port penting, webcam, speaker, kondisi keyboard, serta kelengkapan laptop bekas tersebut.

Dengan mengetahui spesifikasi laptop, anda bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan ataupun juga bisa melakukan negosiasi penawaran harga. Pada akhirnya, nominal uang yang sudah anda keluarkan akan sebanding dengan laptop murah bekas yang didapatkan dan tidak akan timbul rasa penyesalan di kemudian hari. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui spesifikasi laptop bekas yang ingin dibeli, diantaranya sebagai berikut :

  • Klik dan buka menu Windows Explorer caranya dengan klik kanan menu kemudian pilih File Explorer. Selain itu anda juga bisa membuka dengan mengklik menu icon yang terdapat pada taskbar bawah atau dengan mengklik tombol windows pada keybord + huruf E.
  • Pilih menu My Computer dengan logo gambar komputer untuk jenis laptop yang menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows 7, dan Windows 8. Sementara untuk sistem operasi Windows 8.1 keatas pilih menu This PC. Setelah kursor anda arahkan, kemudian klik kanan dan pilih menu Properties.
  • Setelah itu anda akan disuguhkan dengan tampilan informasi yang memuat beberapa spesifikasi dari perangkat laptop murah bekas tersebut atau view basic information about your computer. Informasi yang tampilkan meliputi jenis prosesor, kapasitas RAM, versi sistem operasi.

Namun cara tersebut masih belum bisa menampilkan informasi mengenai kapasitas harddisk dari laptop murah bekas yang akan dibeli. Anda bisa mengecek kapasitas hardisk dengan mengulang langkah yang hampir sama seperti diatas. Bedanya, setelah klik kanan pada My Computer atau This PC selanjutnya pilih Manage. Pada menu tersebut akan ditampilkan informasi lengkap mengenai perangkat laptop tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamurah.org

Itulah cara sederhana untuk mengetahui spesifikasi komponen pada laptop murah bekas yang harus anda ketahui. Dengan melihat secara teliti spesifikasinya, anda bisa menentukan apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan anda atau justru sebaliknya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *