Inilah Manfaat Info Harga Pokok Untuk Produksi

    HomeUncategorized Inilah Manfaat Info Harga Pokok Untuk Produksi
Inilah Manfaat Info Harga Pokok Untuk Produksi

Inilah Manfaat Info Harga Pokok Untuk Produksi

admin

Sebuah perusahaan di bidang manufaktur yang bergerak memproduksi barang berdasarkan pesanan tentunya sangat membutuhkan info harga terbaru setiap saat. Info tersebut tentunya penting bagi pihak manajemen perusahaan dalam menentukan berapa keuntungan yang akan didapatkan nantinya. tanpa mengetahui informasi mengenai harga pokok produksi tentu akan sangat sulit untuk mengatur sisi keuangan nantinya. Bahkan apabila salah dalam menentukan bisa beresiko mengakibatkan kerugian produksi. Mengetahui harga pokok produksi bukan hanya untuk memprediksi keuntungan saja namun juga untuk menentukan harga jual nantinya.

Inilah Manfaat Info Harga Pokok Untuk Produksi

Lima manfaat info harga pokok untuk perusahaan manufaktur

Secara garis besar, informasi mengenai harga pokok produksi memiliki lima manfaat utama bagi sebuah perusahaan manufaktur. Berikut lima manfaat tentang harga pokok produksi per pesanan :

  • Menentukan Harga Penjualan

Sebuah perusahaan manufaktur yang baru memproduksi barang berdasarkan adanya pesanan yang masuk, akan memilih untuk menyesuaikan produksinya sesuai dengan permintaan dari pihak yang memesan. Hal itulah yang membuat setiap spesifikasi produksi juga berbeda- beda antara pesanan yang satu dengan yang lain. Maka dari itu untuk harganya sendiri tentu ikut berbeda sehingga info harga pokok produksi begitu penting dalam menentukan harga penjualan dari pesanan yang masuk.

  • Sebagai Bahan Pertimbangan Pesanan

Manajemen perusahaan manufaktur tentu tidak begitu saja menerima pesanan yang masuk. Terkadang pesanan yang masuk bisa di tolak jika dinilai tidak mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Oleh sebab itu disini pihak manajemen sangat membutuhkan info harga total dari bahan pokok pesanan sebagai bahan pertimbangan apakah akan menerima pesanan tersebut atau justru menolak pesanan.

  • Memantau Jalannya Produksi Pesanan

Setelah perusahaan manufaktur tersebut menerima pesanan, selanjutnya mulai memproduksi barang sesuai yang diminta pihak pemesan. Pada tahap ini, manajemen juga membutuhkan info harga pokok guna memantau apakah jalannya produksi sesuai dengan yang direncanakan atau tidak. Jika pada prakteknya ternyata jalannya produksi mengalami pembekakan biaya, maka perusahaan bisa segera mengambil langkah untuk menghindari kerugian produksi.

  • Menghitung Laporan Keuangan Perusahaan

Setelah pesanan selesai dibuat sebuah perusahaan manufaktur baru bisa mengetahui apakah pesanan tersebut mendatangkan keuntungan atau kerugian. Baik itu keuntungan maupun kerugian untuk mengetahuinya dengan cara membandingkan antara harga pokok produksi yang sudah di keluarkan dengan pendapatan yang di peroleh. Selain itu info harga pokok produksi juga digunakan untuk menentukan ketersediaan bahan baku dalam persiapan pembuatan pesanan selanjutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamurah.org

Itulah empat manfaat mengenai info harga pokok bahan produksi per pesanan pada sebuah perusahaan manufaktur. Bagaimanapun juga informasi mengenai harga bahan pokok sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kehidupan keuangan perusahaan. Dengan selalu mengacu pada informasi harga bahan pokok per pesanan, sebuah perusahaan bisa menjaga peluang agar selalu memperoleh keuntungan dari setiap pesanan yang diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *