Penjelasan Lengkap Tentang Promo Harga Pada Bisnis

    HomeInfo Harga Penjelasan Lengkap Tentang Promo Harga Pada Bisnis
Penjelasan Lengkap Tentang Promo Harga Pada Bisnis

Penjelasan Lengkap Tentang Promo Harga Pada Bisnis

admin

Dalam keseharian, kata promo tentu sudah tak asing lagi di telinga kita dan bisa kita jumpai di sejumlah tempat perbelanjaan. Baik melihat secara langsung, melalui sebuah perbincangan, dari media cetak maupun media elektronik, papan reklame, kertas brosur dan yang lainnya sering kali menyebutkan kata promo. Meski sering kali mendengarnya, namun masih banyak orang yang belum mengetahui betul mengenai arti promo harga pada sebuah bisnis, tujuan dibuat promo serta berbagai jenisnya.

Penjelasan Lengkap Tentang Promo Harga Pada Bisnis

Promo harga merupakan sebuah penawaran khusus berupa potongan harga yang diberikan oleh pihak pebisnis atau penjual barang/ jasa kepada para pelanggan. Setiap pebisnis tentunya ingin mendapatkan keuntungan sebesar mungkin dari setiap penjualan barang atau jasa yang dikelola. Untuk mendapatkan keinginan tersebut nyatanya tidaklah mudah. Dibutuhkan berbagai strategi matang yang salah satunya dengan memberikan promo harga.  Ketika mendengar arti promo, hal itu sangat disukai oleh pembeli karena mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah.

Sementara bagi penjual, adanya promo dianggap akan membuat bisnisnya terancam mengalami kerugian karena harus menjual produk dibawah harga normal sebelumnya.  Namun banyak yang tidak setuju dengan anggapan tersebut karena tanpa adanya promo harga, anda akan sulit sekali untuk menarik perhatian konsumen. Bahkan anda juga akan kesulitan bersaing dengan toko lain yang turut mempunyai jenis bisnis yang sama. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika anda akan membuat sebuah promo, diantaranya sebagai berikut :

Baca juga: Bersikap Cerdas Dengan Memanfaatkan Promo Toko Online

  • Jenis Barang Berdasarkan Stok

Langkah pertama lihat terlebih dahulu barang apa saja yang akan anda berikan program promo harga tersebut. Tidak ada ketentuan mengenai barang yang bisa dipilih untuk diberikan promo baik itu barang dari stok lama atau stok baru. Namun sebagai saran, pilih barang yang masuk jenis stok lama karena dengan begitu anda tidak perlu takut barang tersebut tidak laku. Selain itu toko anda juga akan terkesan selalu menyediakan barang baru yang bisa menarik perhatian konsumen.

  • Melihat Harga Modal

Untuk membuat promo harga anda harus jeli dalam menghitung berapa harga modal yang sudah anda keluarkan untuk menentukan harga jual barang yang masuk program promo. Jika hanya asal membuat promo tanpa mempertimbangkan modal awal, maka resiko kerugian juga semakin besar.

  • Syarat Dan Waktu Promo

Adanya ketentuan syarat untuk mendapatkan promo serta waktu berlaku promo sangat penting bagi seorang pebisnis. Usahakan promo yang dibuat memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi konsumen serta berikan batasan waktu masa berlaku promo tersebut. Sebagai contoh promo berlaku setiap akhir pekan dengan syarat harus berbelanja minimal Rp 100.000,-

Demikian mengenai tiga pertimbangan dalam membuat program promo harga pada bisnis yang sedang anda jalankan. Pada intinya promo tersebut dibuat bukan hanya untuk mendatangkan konsumen saja namun juga tetap untuk mendapatkan keuntungan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *