Manfaat Email Marketing untuk Promosi Online

    HomePromo Online Manfaat Email Marketing untuk Promosi Online
Manfaat Email Marketing untuk Promosi Online

Manfaat Email Marketing untuk Promosi Online

admin

Melakukan promosi untuk suatu tujuan terutama untuk keperluan bisnis sangat diperlukan. Sebagian besar melakukan promosi dengan menggunakan suatu media misalnya media cetak ataupun media elektronik. Namun, cara tersebut harus memerlukan uang yang besar. Terdapat cara lain yang lebih mudah dan lebih hemat yaitu dengan menggunakan media internet. Media yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan media sosial dan email marketing untuk promosi online.

Manfaat Email Marketing untuk Promosi Online

Baca juga: Bentuk Diskon Terbaru Untuk Bisnis Toko Online

Pemasaran melalui email dan media sosial dapat digabungkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya yaitu:

  • Menghubungkan daftar dari pelanggan yang ada di dalam daftar email dengan media sosial. Dengan cara ini, pelanggan dapat mendapatkan informasi lebih cepat dan kemudian dapat menyebarluaskan ke pengguna yang lain.
  • Menjalankan target iklan yang ada di twitter dan facebook. Kedua media sosial terbesar tersebut memiliki jumlah pengguna yang besar dan dapat dimanfaatkan untuk memasang iklan pada media sosial tersebut.
  • Mendapatkan email dari media sosial berdasarkan pada tren atau berita yang sedang hangat dibicarakan untuk dapat memahami target.

Cara lain untuk dapat menghubungkan antara email marketing dengan media sosial sebagai sarana promosi online adalah dengan membuat grup yang dikhususkan untuk email subscriber. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan untuk mendekatkan diri ke pelanggan. Dari grup tersebut, Anda dapat memposting update mengenai informasi, berita atau promosi yang penting ke pengguna email yang ada pada group subscriber tersebut.

Terdapat beberapa tipe dari pemasaran melalui email yang bisa anda lakukan, diantaranya yaitu:

  • Direct email adalah pengiriman pesan yang berisi promosi yang dikirimkan langsung dari list email calon atau pelanggan dalam bentuk email. Pengiriman dapat berupa katalog, brosur, berita, kuisioner. Dari informasi tersebut, konsumen bisa memilih produk baru yang perusahaan Anda keluarkan.
  • Retention email adalah cara yang digunakan untuk dapat mempertahankan konsumen lama sehingga perusahaan atau kelompok tersebut tidak kehilangan konsumen dan dapat mempertahankan dan menjaga relasi serta untuk menawarkan barang atau jasa baru dengan melalui pendekatan yang berbeda. Dengan cara ini, konsumen lama tidak merasa ditinggalkan karena Anda mendapatkan konsumen baru.

Tipe ketiga dari email marketing adalah dengan melakukan atau mengirim iklan di email orang lain, cara ini dapat dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa tertentu yang dipercaya untuk menempatkan iklan tersebut. Iklan yang dikirimkan berisi mengenai berita, produk atau hal lainnya yang berhubungan dengan perusahaan atau kelompok tertentu termasuk promosi online yanag sedang dilakukan. Pengiriman email dilakukan dan ditujukan kepada list dari email yang didapat sebelumnya dan tidak dalam bentuk spam. Karena teknik tersebut dilakukan berdasarkan pada persetujuan pemilik akun email.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *