Inilah Beberapa Komponen yang Dapat Merusak Barang Elektronik

    HomeUlasan Inilah Beberapa Komponen yang Dapat Merusak Barang Elektronik
Inilah Beberapa Komponen yang Dapat Merusak Barang Elektronik

Inilah Beberapa Komponen yang Dapat Merusak Barang Elektronik

admin

Jika barang elektronik mati dan asalkan tidak mengandung baterai yang terisi, maka air yang cukup murni tidak akan menyebabkan kerusakan langsung. Lepaskan penutup perangkat jika memungkinkan, tepuk sampai kering sejauh Anda bisa menggunakan handuk, dan biarkan di tempat kering yang hangat seperti lemari yang disiarkan untuk mengering setidaknya selama seminggu. Maka harus bekerja ketika kembali bertenaga.

Inilah Beberapa Komponen yang Dapat Merusak Barang Elektronik

Jika perangkat dihidupkan dan berisi baterai, Anda harus mematikan daya atau melepas baterai sesegera mungkin. Waktu adalah esensi. Arus listrik yang mengalir melalui air akan menyebabkan elektrolisis melonggarkan, kerusakan, kehancuran dari komponen logam halus dan jalur papan sirkuit cetak. Cabut listrik dan kerusakan berhenti, jika belum terlambat. Jika air tidak murni semua taruhan tidak aktif. Pertama, air kotor mengaliri listrik jauh lebih baik daripada air murni. Ketidakmurnian mungkin merusak dalam elektronik itu sendiri. Dari catatan khusus adalah gula karet komponen mekanis seperti keyboard dan switch dan (buah) asam (melarutkan logam bahkan tanpa listrik).

Sebagian besar cairan yang biasanya bersentuhan dengan perangkat elektronik berbasis air, jadi mari kita tetap menggunakan air. Air yang kita gunakan tidak pernah air murni, mengandung elektrolit terlarut, seperti natrium klorida (garam meja). Air murni adalah konduktor listrik yang sangat buruk, tetapi ketika mengandung ion (natrium dan klorida), ia dapat bertindak sebagai penghantar listrik yang baik untuk barang elektronik.

Baca juga: Pertimbangan Penting Ketika Membeli Barang Elektronik Secara Online

Jadi, jika air yang dipenuhi ion ini bersentuhan dengan perangkat elektronik apa pun dalam keadaan ON, ia akan membuat koneksi di tempat-tempat, di mana seharusnya tidak ada koneksi yang menghasilkan arus besar yang pada gilirannya merusak sirkuit. Jadi, jika Anda memiliki tumpahan di perangkat dalam keadaan off, sangat mungkin ia akan mulai bekerja selama Anda mengeringkannya cukup sebelum menyalakannya karena air kering tidak lagi membuat sambungan yang tidak diinginkan. Korosi terjadi pada paparan jangka panjang dengan air. Koneksi antara perangkat yang berbeda dilakukan menggunakan logam. Ketika logam bersentuhan dengan air, ia mulai berkarat dan berubah menjadi senyawa non-konduktif lainnya. Karena air mengandung banyak ion, itu mempercepat proses korosi ini. Anda dapat melihat di tempat-tempat dengan air asin (termasuk wilayah pesisir), segala sesuatu berkorosi sangat cepat. Setelah koneksi logam antara dua bagian sirkuit cukup berkarat, koneksi rusak dan perangkat elektronik berhenti bekerja.

Pada biasanya kerusakan pada barang elektronik ini sangatlah beragam, sehingga para pemilik haruslah lebih cerdas dalam menjaga perangkat elektroniknya dari komponen yang dapat merusaknya. Ada banyak jenis barang ini, dan pada biasanya banyak pula perangkat elektronik yang rusak diakibatkan oleh air, sehingga hal inilah yang menjadikan Anda haruslah lebih cermat dalam menjaga perangkat keras milik Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *