Cara Aman Berinvestasi: Ketahui Keuntungan Reksadana Sebelum Berinvestasi

    Homerekomendasi Cara Aman Berinvestasi: Ketahui Keuntungan Reksadana Sebelum Berinvestasi

Cara Aman Berinvestasi: Ketahui Keuntungan Reksadana Sebelum Berinvestasi

admin

Cara terbaik agar tabungan Anda tidak tergerus nilai inflasi setiap tahunnya adalah dengan melakukan investasi. Banyaknya pilihan berinvestasi tentu saja membuat banyak orang bingung, Meski begitu, kini banyak yang mulai bertanya-tanya, apa itu reksadana dalam dunia investasi? Tentu saja yang paling penting adalah pertanyaan mengenai berapa keuntungan reksadana yang bisa kita dapatkan saat melakukan investasi?

Reksadana sendiri adalah Anda mengeluarkan uang untuk instrument investasi yang akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi inilah yang nantinya akan mengelola untuk menyalurkan uang Anda pada berbagai produk keuangan seperti obligasi, deposito, atau saham.

Reksadana pun kian diminati karena risikonya yang relatif kecil sehingga tergolong aman. Lebih dari itu, reksadana dinilai memiliki presentase keuntungan yang lebih tinggi daripada sekada menyimpan uang Anda di bank.

Berikut ini adalah berbagai keuntungan investasi reksadana yang harus kamu ketahui agar bisa lebih mengenal investasi jenis ini:

  1. Biaya investasi terjangkau

Biaya investasi reksadana tidak memerlukan angka hingga jutaan rupiah. Hal ini tentu saja tidak menjadi penghambat. Siapapun bisa mengalokasikan uangnya untuk investasi pada instrument ini. Bahkan kini, Bukalapak melalui produk Bukareksa telah mengeluarkan skema investasi yang sangat terjangkau dimulai dari Rp10.000.  Dengan biaya investasi yang tergolong rendah ini, siapapun investor pemula bisa mengalokasikan dananya untuk berinvestasi di sektor ini.

  1. Kemudahan pengelolaan

Investasi reksadana menawarkan kemudahan pengelolaan. Anda tidak perlu menganalisis rumitnya berbagai grafik yang dimiliki oleh pasar saham. Cukup mempercayakan pengelolaan investasi kepada Manajer Investasi, kamu bisa tenang mengalokasikan uangmu pada investasi ini. Manajer investasi pun bukan orang sembarangan.  Ia telah mendapatkan izin dari OJK sehingga dijamin keamanannya. Anda tinggal membaca prospectus reksadana dan mempelajari skema yang akan dijalankan.

  1. Aman

Kamu masih belum percaya sepenuhnya pada Manajer Investasi? Tenang saja. Manajer investasi tidak memegang langsung dana yang dihimpun kok. Dana investasi reksadana disetorkan pada rekening bank khusus, yang diberi nama bank Kustodian. Pengelolaannya pun diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga sudah dipastikan keamanannya.

  1. Risiko kecil

Keuntungan ini hanya dimiliki oleh reksadana. Dana yang dialokasikan reksadana bisa diinvestasikan pada banyak saham atau obligasi sehingga Anda tidak hanya bergantung pada satu jenis investasi saja. Hal ini tentu saja mengurangi risiko kerugian karena investasi dilakukan ke banyak perusahaan.

  1. Transparan

Anda akan menerima perkembangan dana investasi secara rutin setiap bulannya. Dengan begitu, Anda tentu bisa terus mengecek keuntungan, biaya, serta risikonya setiap saat. Manajer Investasi juga akan menerbitkan laporan keuangan dan prospektus yang dilakukan secara rutin.

  1. Tersedia di mana saja

Selain melalui bank atau Manajer Investasi, kamu bisa melakukan investasi reksadana secara mudah melalui agen penjualan bersertifikasi atau yang memiliki sertifikasi WAPERD/ APERD dari OJK. Kalau kamu termasuk yang malas untuk bertatap muka, kamu  kini bisa memulai investasi reksadana secara online. Dengan menjadi pengguna Bukalapak, kamu bisa ikut serta melakukan investasi reksadana melalui Bukareksa. Kemudahan ini bisa Anda nikmati sekarang juga. Anda bisa membeli produk Reksadana dengan menggunakan saldo BukaDompet minimal Rp. 10.000. Banyak kelebihan yang bisa dilakukan pengguna Bukalapak dengan menggunakan fitur BukaReksa. Melalui Bukareksa, Anda bisa menyimpan uang dengan return yang lebih tinggi dari tabungan konvensional di bank yang diambil dari saldo BukaDompet Anda. Selain itu Anda hanya bisa mencairkan uang yang Anda simpan di rekening Reksa Dana ke rekening bank milik Anda sehingga terjamin keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *