Tips yang Bisa Dilakukan Agar Angsuran Kredit Bank Anda Lancar

    HomeTips & Trik Tips yang Bisa Dilakukan Agar Angsuran Kredit Bank Anda Lancar
Tips yang Bisa Dilakukan Agar Angsuran Kredit Bank Anda Lancar

Tips yang Bisa Dilakukan Agar Angsuran Kredit Bank Anda Lancar

admin

Mengajukan angsuran kredit di bank memang terbilang susah-susah gampang. Prosesnya terbilang sangat lama dan panjang. Tidak hanya menguras waktu saja namun juga tenaga. Saat pengajuan kredit disetujui dan dana cair, tentu menjadi kegembiraan tersendiri. Karena akhirnya dana yang ditunggu-tunggu bisa didapatkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Setelah dana dari bank didapatkan, maka kewajiban selanjutnya yang harus dijalankan adalah membayar angsuran setiap bulannya.

 Tips yang Bisa Dilakukan Agar Angsuran Kredit Bank Anda Lancar

Mengingat angsuran bank merupakan kewajiban yang harus dipenuhi, maka tidak boleh disepelekan begitu saja. Anda harus membayarnya dengan teratur dan tepat waktu. Karena saat telat membayar angsuran, Anda tidak hanya merugikan pihak bank saja, namun juga diri Anda sendiri. Saat telat membayar kredit, berbagai kerugian seperti, membayar denda, riwayat BI checking menjadi jelek, mendapat blacklist bank, bunga semakin banyak, dlsb bisa saja terjadi. Untuk itu Anda harus selalu ontime membayar cicilan bank setiap bulannya. Berikut ini ada beberapa cara jitu agar Anda tidak sampai melewatkan kewajiban mengangsur kredit bank, yaitu:

  • Menyisihkan dana dari bank untuk membayar angsuran beberapa bulan ke depan.

Saat memutuskan untuk meminjam dana di bank, sebaiknya tambahkan beberapa rupiah untuk membayar cicilan beberapa bulan ke depan. Misalnya jika Anda membutuhkan dana sebesar 10 juta rupiah dengan cicilan 500 ribu rupiah setiap bulannya, maka sebaiknya tambahkan 1,5 juta rupiah sehingga total pinjaman menjadi 11,5 juta rupiah. Setelah dana cair, sisihkan 1,5 juta rupiah tersebut untuk membayar cicilan 3 bulan ke depan. Ini sebagai cara untuk menyiapkan kemungkinan terburuk jika dalam waktu dekat Anda tidak bisa membayar cicilan tepat waktu, sekaligus sebagai adaptasi karena memiliki kewajiban tanggungan baru.

  • Mengalokasikan dana sesuai dengan rencana awal.

Pinjaman dana yang diajukan kepada bank biasanya untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti membangun rumah, membayar biaya pendidikan, membeli kendaraan baru, dlsb. Untuk itu, setelah dana cair pergunakan sebagaimana mestinya. Pergunakan dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda tersebut.

  • Menyesuaikan tanggal jatuh tempo dengan tanggal penggajian.

Hal ini agar Anda bisa membayar angsuran kredit tepat waktu dan bisa menyisihkan gaji segera untuk membayar kredit.

  • Pembayaran kredit dengan sistem autodebet.

Memiliki pinjaman dengan bank mewajibkan Anda untuk membayar dengan tepat waktu. Berbeda jika Anda meminjam dengan teman atau saudara. Untuk menghindari lupa membayar angsuran atau melalaikan kewajiban, Anda bisa memilih metode pembayaran kredit dengan autodebet. Dengan cara ini, setiap bulan sekali uang dalam rekening Anda akan otomatis dipotong oleh pihak bank untuk membayar angsuran.

 Baca juga artikel menarik lainnya di hargamurah.org

  • Tidak mengambil pinjaman kredit baru.

Jika angsuran Anda di bank belum lunas, sebaiknya jangan buru-buru mencari pinjaman yang baru. Hal ini akan menyulitkan Anda nantinya untuk membayar angsuran kredit. Karena jika tidak pintar mengatur keuangan, bisa-bisa angsuran Anda menjadi keteteran. Akibatnya akan merugikan Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *