Cara Mudah Membuat Sayur Asem Betawi Enak

    HomeKuliner Cara Mudah Membuat Sayur Asem Betawi Enak
Cara Mudah Membuat Sayur Asem Betawi Enak

Cara Mudah Membuat Sayur Asem Betawi Enak

admin

Tak ada yang tak kenal dengan sayur asem. Ya, sayur yang satu ini merupakan salah satu makanan khas unggulan bagi masyarakat Indonesia. Bisa dibilang sayur yang satu ini merupakan makanan legendaris yang mana resepnya sudah turun temurun. Ada banyak variasi dari resep sayur asem yang dibedakan berdasarkan lokasi atau tempat asalnya, seperti sayur asem jawa, sayur asem sunda ataupun sayur asem betawi. Sesuai dengan namanya sayur asem betawi berasal dari Jakarta atau betawi. Sayur ini memiliki citarasa yang tinggi sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukai makanan pelengkap nasi yang satu ini. Sayur asem memiliki rasa yang khas dari asam jawa, sehingga tak heran jika banyak orang sering menyebutnya sebagai Sayur asem jawa atau masakan khas dari pulau jawa.

Sama halnya dengan sayur asem yang lainnya, resep sayur asem ini memang sederhana. Namun yang membedakannya sayur ini yaitu dilengkapi dengan bahan pelengkap dan variasi bumbu yang berbeda yang mana menjadi ciri khas daerah asalnya yaitu Betawi. Jika anda penasaran, berikut ini merupakan resep sayur asem betawi yang praktis dan enak, diantaranya:

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  1. Daging tetelan sebanyak 150 gram potong-potong kecil sesuai dengan selera
  2. Daun melinjo sebanyak 20 gram
  3. Jagung manis sebanyak satu buah, potong melingkar dengan ketebalan 3 sampai 4cm
  4. Kacang panjang sebanyak 5 lonjor, potong dengan ukuran panjang lebih dari 3 cm
  5. Kacang tanah sebanyak 50 gram, direbus setengah matang lalu tumbuk kasar
  6. Labu siam sebanyak 100 gram, di potong dadu dengan ukuran sesuai selera
  7. Melinjo sebanyak 50 gram
  8. Nangka muda sebanyak 150 gram, dipotong sesuai selera
  9. Pepaya muda sebanyak 50 gram, dipotong sesuai selera
  10. Lengkuas sepanjang 2cm
  11. Daun salam sebanyak dua lembar
  12. Garam secukupnya
  13. Gula pasir secukupnya
  14. Asam jawa sebanyak 20gram larutkan dengan air
  15. Air sebanyak 2500ml

Siapkan juga bumbu yang dihaluskan:

  1. Bawang merah sebanyak 6 butir
  2. Bawang putih sebanyak 4 siung
  3. Terasi sebanyak satu setengah sendok teh
  4. Kemiri sebanyak 5 butir

Jika semua bahan sudah siap, selanjutnya kita memulai proses pembuatnnya:

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah panaskan air hingga mendidih kemudian masukan daging tetelan yang sudah dipotong tadi.
  2. Jika rebusan daging sudah mendidih, masukan daun salam, lengkuas dan bumbu yang dihaluskan ke dalam panci. Lalu aduk hingga merata dan masak hingga mengeluarkan aroma.
  3. Jika sudah keluar aroma, masukan melinjo, kacang tanah, nangka muda dan jagung masak semua hingga setengah matang. Kemudian masukan bahan lainnya seperti labu siam, pepaya muda. Jangan lupa untuk kasih garam, gula pasir dan larutan asam jawa. Masak semua hingga benar-benar matang atau hingga mendidih.
  4. Jika semua sudah matang, terakhir masukan daun melinjo dan kacang panjang. dan masak kembali hingga semuanya benar-benar matang. Jangan luoa untuk cek rasa. Jika dirasa sudah pas, maka sayur sudah siap untuk disajikan.

Itulah resep sayur asem betawi yang praktis dan dijamin enak. Sayur ini bisa anda jadikan sebagai menu makan siang dan malam. Apalagi disantap dengan keluarga, pasti akan terasa lebih nikmat. Selain nasi hangat, sayur ini akan lebih nikmat jika disantap dengan ikan asin yang digoreng, tempe goreng, kerupuk dan makanan pelengkap lainnya. Membayangkannya saja sudah lapar ya?!  Selamat mencoba dan semoga resep diatas menjadi inspirasi memasak anda sore ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *