Home Food Cara Mudah Bikin Klepon Lembut dan Lezat di Rumah

Cara Mudah Bikin Klepon Lembut dan Lezat di Rumah

by Erin Nuzulia
Klepon

Klepon, salah satu makanan ringan tradisional Indonesia, merupakan kue yang digemari oleh banyak orang. Kue jajanan pasar ini memiliki bentuk khas bulat kecil dan bertabur parutan kelapa di atasnya. Tak hanya itu, klepon berisi gula merah lumer di dalamnya sehingga menjadikan makanan ini memiliki rasa manis yang khas.

Kue tradisional ini diklaim berasal dari daerah Jawa, meskipun pada kenyataannya banyak daerah di Indonesia yang juga memilikinya. Di beberapa daerah, penamaan kue klepon ini beraneka ragam. Misalnya saja, di Lombok, kue klepon disebut dengan kelepon kecerit-cerit. Nama tersebut berasal dari kata muncrat yang menggambarkan klepon saat digigit akan memuncratkan isian gula merah lumer yang berada di dalamnya. Selain Lombok, daerah lain yang juga memiliki penyebutan berbeda adalah daerah Sumatera. Di beberapa daerah Sumatera, klepon disebut dengan onde-onde bola.

Sayangnya, jajanan tradisional ini mulai sulit ditemui di beberapa tempat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Klepon yang lembut dan enak masih dapat Anda buat sendiri di rumah. Selain Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang seperti saat membelinya di luar, Anda dapat menjaga kualitas bahan dan menjaga kebersihan proses saat membuat klepon sendiri di rumah.

Klepon

Untuk membuat resep klepon yang lembut dan enak di rumah, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang terdiri dari tepung ketan sebanyak 250 gram, tepung beras sebanyak 50 gram, air mineral sebanyak 500 ml, gula pasir sebanyak 2 sendok teh, garam sebanyak 1 sendok teh, gula merah secukupnya sesuai selera, kelapa parut secukupnya, pandan atau perasa pandan secukupnya.

Anda dapat mengganti pandan atau perasa pandan dengan ubi ungu jika menginginkan warna ungu pada klepon Anda. Anda juga dapat menggunakan daun talam jika Anda menginginkan warna biru pada klepon Anda.

Resep Klepon

Setelah menyiapkan seluruh bahan yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuatnya. Berikut cara membuat kue klepon lembut dan enak di rumah Anda:

  1. Siapkan wadah untuk mencampur semua tepung beras, tepung ketan, santan, 1 sendok teh gula, ½ sendok teh garam, air, dan perasa, kemudian uleni adonan hingga kalis.
  2. Setelah seluruh adonan dicampur, ambil adonan menggunakan sendok atau kira-kira sebesar jari jempol. Bentuk adonan yang telah diambil tersebut menjadi bentuk bulat dan masukkan gula merah ke dalamnya. Bentuk seluruh adonan menjadi bentuk yang sama.
  3. Setelah seluruh adonan sudah dibulatkan dan diisi dengan gula merah, rebus hingga klepon mengambang. Angkat klepon, lalu tiriskan, dan tempatkan ke wadah. Tips agar klepon tidak lengket yaitu dengan langsung mencelupkan klepon segera setelah air mendidih. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu lama merebus klepon agar klepon tidak menjadi lengket atau menempel satu sama lain.
  4. Setelah klepon agak dingin, campurkan klepon dengan kelapa parut, 1 sendok teh gula, dan ¼ sendok teh garam, kemudian aduk-aduk hingga rata.
  5. Siapkan kelapa parut dan baluri klepon dengan kelapa parut tersebut. Klepon lembut dan enak siap disajikan.

Itu tadi merupakan resep klepon lembut dan enak yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah. Klepon dapat disantap di pagi hari sambil ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat. Selamat mencoba dan menikmati klepon lembut, enak, dan higienis dari rumah Anda.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More