Home Fashion Mau membersihkan Jam tangan? Berikut caranya!

Mau membersihkan Jam tangan? Berikut caranya!

by Erin Nuzulia
jam tangan

Bagi pengguna rutin jam tangan, kamu pasti merasa jam tangan bisa sangat cepat menjadi kotor. Nah membersihkan jam tangan sangat penting loh. Apalagi jika kamu mau tampilan jam tangan selalu bersih. Caranya gampang, kamu hanya butuh air bersih dan sabun saja. Tetapi tidak semua material pada jam tangan bisa dibersihkan dengan air dan sabun. Apalagi jika jam tangan tersebut bukanlah water resistant.

jam tangan 1

Gold watch polishing

Kamu bisa melakukan ini cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Namun ini hanya untuk pembersihan yang dilakukan bagian luar jam tangan saja ya. Jika kamu mau membersihkan bagian dalam secara komprehensif, maka kamu perlu membawanya ke tempat servis jam tangan yang merupakan ahlinya. Nanti jam tangan kamu akan dibersihkan menggunakan mesin pembersih ultrasonik dan mesin steam cleaning. Tentunya jam tangan kamu dapat dibersihkan hingga ke bagian dalamnya oleh tenaga ahli dan dibersihkan secara menyeluruh.

Untuk membersihkan jam tangan sendiri, kamu harus menggunakan air yang tidak hangat atau panas. Karena itu bisa bagian gasket, seal, dan material di permukaan rusak. Kamu juga harus tahu jenis material dari jam tangan yang kamu punya. Material Stainless Steel, Titanium, Rubber dengan Mineral Crystal atau Sapphire Crystal dapat dibersihkan dengan air dan sabun. Gunakanlah sikat lembut untuk mengangkat kotoran di sela-sela rantai kecil seperti pada Mesh Strap dan Jubilee Strap.

Kamu juga bisa menambahkan alkohol 60% untuk pembersihan ekstra. Caranya adalah dengan menunggu hingga kering jam tangan yang selesai di cuci dengan air sabun. Setelah itu baru oleskan alkohol 60% dengan kapas lembut. Jangan terlalu banyak, cukup beberapa tetes saja karena terlalu banyak alkohol juga dapat merusak material jam tangan terutama yang mengandung coating. Jangan gunakan alkohol pada jam tangan yang bermaterialkan plastik, keramik, atau fiber karbon. sebaiknya cukup dengan air bersih dan sabun saja.

Baca Juga:   Ini Rekomendasi Merk Tas Selempang Lokal Yang Murah Tapi Keren!

jam tangan

Terutama pada jam tangan lokal pria, kamu harus lebih memperhatikan bagian pegangan jam. Pada bagian tersebut, kamu harus memastikan tali jam tanganmu sudah kering sempurna. Hal ini untuk menghindari jamur yang dapat menimbulkan bau tak sedap. Kamu bisa bisa mengeringkan jam tangan di bawah sinar matahari.

Kamu juga bisa membersihkan jam tangan jenis Material Stainless Steel dengan menggunakan tisu basah. Kamu dapat membersihkan sela-sela jam tangan dengan tisu basah. Bersihkan hingga noda menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkannya, agar tidak timbul jamur.

Untuk jam tangan yang menggunakan tali dengan bahan kulit asli, jangan menggunakan sikat yang meninggalkan goresan pada kulit. Kamu bisa bisa membasahi kain hingga lembap dan meneteskan setetes sabun tangan cair lalu gosok perlahan. Walaupun jam tangan kamu water resistant, hindari terkena air secara langsung karena dapat merusak tali jam tangan kamu yang berbahan kulit asli.

Lebih baik lagi jika kamu rajin membersihkan jam tangan dengan cara mengelapnya memakai kain mikrofiber setiap selesai dipakai agar tidak jadi terlalu kotor. Hindari terkena parfum, lotion dan zat kimia lainnya yang bisa merusak. Dan selalu meletakan jam tangan pada tempat yang kering dan tidak lembap. Kamu bisa menggunakan boks khusus dan Letakkan kantung kecil silika gel di dalamnya untuk menyerap kelembaban agar tetap kering. Cara merawat jam tangan di atas, dijamin akan membuat jam tangan kamu lebih awet, tahan lama, dan tetap tampak seperti baru setiap saat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More