Home Sports Menjadi Runner-Up di Klasemen Liga Inggris 2018-2019, Akankah Liverpool Merebut Trofi Premier League?

Menjadi Runner-Up di Klasemen Liga Inggris 2018-2019, Akankah Liverpool Merebut Trofi Premier League?

by Erin Nuzulia
klasemen liga inggris 2018

Liga Inggris musim 2019–2020 saat ini masih berjalan. Hanya saja, karena adanya pandemi Coronavirus (Covid-19), Liga Inggris, layaknya perhelatan liga lain di seluruh dunia, ditangguhkan sementara untuk menghindari penyebaran virus yang semakin mengkhawatirkan. Pemuncak klasemen saat ini, Liverpool, sebenarnya tinggal selangkah lagi untuk meraih trofi Premier League pertamanya. Namun sepertinya momen yang ditunggu oleh seluruh Liverpudlian (fans Liverpool) harus ditunda dulu. Semenjak terakhir di klasemen liga Inggris 2018-2019 mereka hanya finish kedua, akankah mimpi seluruh Liverpudlian akan benar terwujud dalam waktu dekat?

klasemen liga inggris 2018

Premier League memang selalu menyajikan persaingan yang ketat dan tidak terduga. Tingkat diferensiasi antara Klasemen liga Inggris 2018 dengan klasemen liga Inggris 2019-2020 ini juga sangat signifikan. Terkadang, tim yang musim lalu ada di papan bawah, musim depannya menyodok ke papan atas. Begitu pula sebaliknya. Bahkan, liga Inggris juga satu-satunya liga yang jarang sekali pemuncak klasemennya tak terkalahkan dalam satu musim. Biasanya, walaupun sebuah tim duduk di papan paling atas, dia juga berulang kali kalah dari beberapa tim saingannya, bahkan yang papan bawah sekalipun.

 

Saking kompetitifnya Liga Inggris ini, sampai-sampai disebut sebagai liga terbaik di dunia. Bandingkan saja dengan LIga Italia, Spanyol, atau Jerman yang sama-sama menduduki liga kelas satu di Eropa. Di Italia, Juventus sangat mendominasi liga, mereka memenangkannya berkali-kali. Di Spanyol, Real Madrid dan Barcelona menjadi rival abadi yang silih bergantian memenangi liga. Sementara itu, di Jerman, dominasi Bayern Munich seolah menjadi hal yang tak terelakkan.

 

Di Inggris sendiri, sebenarnya, dulu juga persaingan terjadi antara 4 klub besar yang mendominasi papan atas. Namun, keempatnya memang sekarang lebih sulit ditebak, sehingga tim kuda hitam seringkali mengambil posisi mereka. Katakan saja 4 klub besar yang dijuluki “The Big Four” adalah Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea. Mereka sama-sama mengoleksi cukup banyak trofi liga. Yang terbanyak adalah Manchester United, baru disusul Liverpool.

 

Posisi Liverpool sebagai pengoleksi trofi terbanyak mungkin nanti bisa saja kembali lagi jika mereka konsisten memenangi liga. Memang, dahulu, Liverpool adalah klub yang paling besar. Namun, semenjak era liga Inggris berubah nama menjadi Premier League, daya magis Liverpool hilang. Mereka bahkan tidak sekalipun memenangi trofi Premier League yang mulai digulirkan sejak 1989–1990. Alhasil, perolehan trofi Liverpool disusul oleh Manchester United.

klasemen liga inggris 2018

Kini kesempatan emas Liverpool untuk pertama kali mendulang trofi akan terpenuhi. Setidaknya, kesempatan itu hanya tertunda karena ditangguhkannya liga yang sedang terganggu adanya virus corona. Ketika liga digulirkan nanti, Liverpool sudah siap menyambut trofi. Hal ini disebabkan, Manchester City yang ada di posisi 2 sudah hampir tidak mungkin menyusul Liverpool, meski baru pekan ke-29. Hal ini justru kebalikan dari posisi tahun lalu, di mana Liverpool ada di peringkat 2 dan Manchester City ada di peringkat 1.

 

Dengan kemungkinan menggaet trofi liga, berarti perolehan trofi Liverpool akan mendekati trofi yang dikoleksi oleh Manchester United, setelah United tidak pernah sama sekali meraih juara setelah ditinggal oleh pelatih legendarisnya, Sir Alex Ferguson.

 

Bagaimanapun juga, Liga Inggris adalah Liga Inggris. Jika kali ini Liverpool akan merengkuh trofi, belum tentu Liverpool akan jadi yang terbaik juga di musim depan. Liga Inggris akan tetap menyimpan misteri, terutama nanti jika muncul juara baru yang saat ini berada di papan bawah, layaknya Leicester beberapa tahun lalu.

Untuk berita lainnya tentang Liga Inggris, kamu dapat mengaksesnya di sini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More