Home Uncategorized Perbedaan Lockdown dan Karantina Wilayah serta Pengertian PSBB

Perbedaan Lockdown dan Karantina Wilayah serta Pengertian PSBB

by Erin Nuzulia

Pemerintah Indonesia menerapkan beberapa kebijakan terkait pembatasan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang mengancam Indonesia. Akhir-akhir ini masyarakat dibuat bingung dengan kebijakan, seperti lockdown dan karantina wilayah. Sebenarnya, apa sih perbedaan lockdown dan karantina wilayah? Lalu apa pengertian PSBB?

Tak berbeda dengan negara lain di dunia, Indonesia kini juga sedang berjuang untuk membatasi penyebaran virus corona atau covid-19 yang mematikan dan sangat menular ini. Covid-19 adalah virus yang menginfeksi sistem pernapasan manusia ditemukan pertama kali di Wuhan, Tiongkok, sejak Desember 2019. Virus ini penyebarannya sangat cepat dan sangat mudah. Hingga saat ini, sudah ada ribuan orang di Indonesia yang terinfeksi virus ini dan ratusan orang meninggal karenanya. Sedangkan di dunia sendiri sudah ada jutaan orang yang terinfeksi virus ini.

Faktanya, dalam regulasi atau perundang-undangan di Indonesia sendiri tidak mengenal kata lockdown. Adapun kata yang paling mendekati dengan definisi lockdown adalah karantina. Adapun terkait dengan karantina, Indonesia sendiri memiliki aturannya atau telah mengaturnya dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

Berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, definisi dari karantina adalah pembatasan kegiatan dan atau pemisahan seseorang yang terpapar penyakit menular sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan meskipun belum menunjukkan gejala apapun atau sedang berada dalam masa inkubasi, dan atau pemisahan peti kemas, alat angkut, atau barang apapun yang diduga terkontaminasi dari orang dan atau barang yang mengandung penyebab penyakit atau sumber bahan kontaminasi lain untuk mencegah kemungkinan penyebaran ke orang dan atau barang di sekitarnya.

Hal ini kemudian diperjelas pada Pasal 49 ayat 1, ada pembagian pengertian karantina.  Karantina kesehatan sendiri dibagi kembali menjadi 4 jenis yaitu: Karantina Rumah, Karantina Rumah Sakit, Karantina Wilayah, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar oleh Pejabat Karantina Kesehatan.

Baca Juga:   Berikut Info Harga dari 4 Brand Busana Lokal Terkemuka

Karantina Wilayah dapat diartikan sebagai pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Melihat perkembangan penyebaran virus corona di Indonesia, beberapa pemerintah daerah akhirnya menerapkan beberapa strategi terbaru guna membatasi wabah corona ini. Kebijakan yang akan dimulai 10 April 2020 ini dinamakan dengan PSBB yang akan dilakukan di DKI Jakarta.

Mulai hari Jumat, status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diaktifkan di Jakarta. Penerapan status ini akan diberlakukan minimal selama 14 hari, berdasarkan waktu inkubasi virus corona, atau bisa juga diperpanjang berdasarkan situasi pasca PSBB dan perkembangan penyebaran virus corona.

Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa program PSBB di Jakarta yang akan dilakukan telah melalui kajian strategis dari berbagai kalangan yang berkepentingan dan akan ditekankan pada elemen penegakkan hukum. Hal ini menandakan bahwa PSBB berbeda dengan social dan physical distancing yang sebelumnya telah dipilih sebagai kebijakan pemerintah. Adapun pelanggaran terhadap PSBB dapat dikenai hukuman pidana.

Lebih lanjut, Anies mengatakan adanya alasan penekanan sisi hukum dari kebijakan ini lantaran secara prinsip Jakarta sudah jauh lebih siap. Hal tersebut dapat dilihat dari pembatasan ruang publik, penutupan sekolah, serta penghentian sementara kegiatan peribadatan yang telah dilaksanakan sejak masa awal pandemi.

Adapun keberhasilan warga DKI dalam menerapkan disiplin saat PSBB ini akan sangat menentukan kemampuan Jakarta dalam menekan penyebaran virus corona.

Informasi lain mengenai perbedaan lockdown dan karantina wilayah bisa Anda cek di https://review.bukalapak.com/others/perbedaan-pengertian-lockdown-dan-karantina-wilayah-corona-111457.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More