Home Main Tidak Cuma Pempek, Yuk Kenalan Dengan Kuliner Khas Palembang. Ada Tekwan juga lho!

Tidak Cuma Pempek, Yuk Kenalan Dengan Kuliner Khas Palembang. Ada Tekwan juga lho!

by Erin Nuzulia
tekwan

 

Palembang adalah kota terbesar ke dua di Pulau Sumatera setelah Medan. Salah satu kota tertua di Indonesia ini selain terkenal atas wisata alam dan budaya, juga terkenal dengan wisata kulinernya. Siapa yang belum pernah mendengar pempek? Makanan khas Palembang yang satu ini telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan di dunia. Namun, kuliner khas Palembang sebenarnya beragam dan tidak kalah enak dengan pempek. Sebut saja tekwan. Meskipun memiliki konsistensi yang mirip dengan pempek, tekwan disajikan berbeda. Penasaran dengan aneka kuliner khas Palembang? Yuk intip ragam kuliner khas Palembang berikut!

Tidak Cuma Pempek, Yuk Kenalan Dengan Kuliner Khas Palembang. Ada Tekwan juga lho!

Pempek

Bisa dipastikan makanan terpopuler khas Palembang adalah pempek. Meskipun mungkin Anda belum pernah mencoba, minimal Anda pernah mendengar namanya. Pempek ini adalah makanan yang terbuat dari daging ikan tengiri yang dicampur dengan tepung sagu dan berbagai bumbu lainnya. Konsistensi akhirnya kenyal dan rasanya gurih. Pempek disajikan dengan kuah asam berwarna coklat yang disebut cuko. Sebagai pelengkap, pempek juga dihidangkan dengan pelengkap lainnya seperti mie dan irisan timun. Dalam perkembangannya, pempek ada berbagai macam bentuk seperti kapal selam, lenjer, adaan dan juga kulit ikan. Begitu pula bahan utamanya tidak melulu menggunakan ikan tengiri namun juga ada yang memodifikasi dengan menggunakan udang atau bahkan tidak menggunakan protein hewani sama sekali. Pempek yang tidak menggunakan protein hewani sama sekali ini sering disebut dengan pempek dos.

tekwan

Sambal Tempoyak

Pernah Anda membayangkan durian menjadi sambal? Ya, di Palembang, daging durian bisa diolah menjadi sambal dan terkenal dengan sebutan sambal tempoyak. Sambal ini terbuat dari daging durian yang ditumis dengan berbagai bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih dan juga garam. Rasanya unik dan sangat cocok untuk dinikmati bersama lauk lainnya sehingga membuat cita rasa makanan menjadi lebih gurih dan lezat.

Baca Juga:   Bingung Menukar Valas? Coba Cek BCA Kurs!

Amplang

Ke Palembang tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh oleh kerupuk ikan khas Palembang. Kerupuk itu dinamakan amplang atau kemplang. Kerupuk ini berasal dari daging ikan tengiri dan tepung sagu yang kemudian dibentuk ukuran kecil bulat atau memanjang. Kalau di daerah Jawa, jenis kerupuk ini mirip dengan kerupuk kuku macan. Nah, yang membuat berbeda, kerupuk amplang ini disajikan dengan cocolan sambal yang nikmat.

Tekwan

Menu masakan yang satu ini serasa makan bakso khas Palembang. Resep tekwan dibuat dari daging ikan dan tepung sagu. Meski menggunakan bahan yang sama dengan pempek, konsistensi tekwan ini lebih empuk bila dibandingkan pempek. Penyajian tekwan adalah dengan diguyur kuah bening yang berasal dari sari udang dan daun bawang. Sebagai pelengkap, tekwan juga disajikan dengan mie putih.

tekwan

 Pindang Ikan

Menu masakan khas Palembang yang harus Anda coba selanjutnya adalah pindang ikan. Masih menggunakan bahan dasar ikan, pindang ikan adalah olahan ikan patin segar yang dimasak dengan aneka rempah dan santan. Cita rasanya asam, manis, pedas dan gurih sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih hangat.

Celimpungan

Adonan pempek memang serbaguna. Jika pempek disajikan dengan kuah asam pedas, maka celimpungan ini lain. Adonannya memang sama dengan pempek, namun dibentuk bulat bulat. Setelah itu, dimasak lagi dengan santan dan aneka bumbu rempah yang membuatnya sangat nikmat. Untuk bisa mencicipi celimpungan ini tidak sulit karena di Palembang banyak yang menjual di seluruh penjuru kota.

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More